Berita Peradilan > Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018

 

Oktober 2018, Tema pelaksanaan peringatan hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 adalah Bangun Pemuda, Satukan Indonesia. Semua pegawai hadir mengikuti upacara peringatan hari Sumpah Pemuda. Dalam sambutan ketua yang dikutip dari pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Bapak Imam Nahrawi, Tema diatas diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi pemuda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahklak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam kerangka Kesatuan Republik Indonesia.

Sejatinya kita sudah berutang kepada para tokoh pemuda pada tahun 1928, karena tokoh-tokoh pemuda pada saat itu sudah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran  kebangsaan Indonesia sekaligus berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri.

Ciri-ciri dari para pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing, oleh karena itu revolusi mental harus dapat dijadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghaslkan bangsa yang hebat.



 

Tahun 2019 nanti bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah, untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilu nanti amat sangat dibutuhkan.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur  menuju persatuan dan kesatuan bangsa  maka yang menjadi tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.


 

Wahai pemuda Indonesia dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia.

Lepas membaca sambutan, upacara berlanjut dengan menyanyikan beberapa lagu-lagu Nasional dan ditutup doa bersama demi kebaikan dan kemajuan nusa dan bangsa.