Berita Peradilan > Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019


 

Jakarta, 1 Juni 2019, bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, serentak seluruh instansi pemerintahan menyelenggarakan Upacara Bendera demi memperingati Hari Lagi Pancasila. Untuk tahun ini 2019, peringatan Hari Lahir Pancasila jatuh pada hari sabtu yang hampir sebagian besar instansi libur. Kalau pun tidak libur, untuk peringatan kali ini karena bertepatan dan berdekatan dengan hari raya Iedul Fitri beberapa pegawai sudah mengambil cuti demi tidak mengalamai kendala kemacetan di tengah jalan. Tetapi tetap harus mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dimanapun keberadaannya.

Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta sendiri mengadakan Upacara Bendera tepat pukul 08.00 Pagi bertempat di halaman parkir gedung PTTUN Jakarta, Jalan Cikini Raya No 117 Jakarta Pusat. Setidaknya seluruh pegawai mulai dari Hakim Tinggi, Panitera dan Sekretaris, Panitera Pengganti, Para Pejabat Struktural hingga Staf danTenaga Honorer hadir memenuhi lapangan demi menghadiri dan memperingati Hari Lahir Pancasila. Dan ada beberapa orang dari Satuan Kerja dari wilayah lain yang ikut menumpang upacara memperingati Hari Lahir Pancasila.

Sebab peringatan Hari Lahir Pancasila ini sifatnya WAJIB dihadiri dan diikuti Upacara peringatannya. Untuk Pegawai yang cuti, selama berada di dalam kota, HARUS hadir mengikuti upacara, sementara yang sudah berlibur di luar kota, WAJIB untuk mengikuti upacara di instansi terdekat dengan keberadaannya. Jadi tidak ada alasan lain untuk tidak mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Upacara.Melaui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita dituntut secara terus menerus untuk merealisasikan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan Dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagian seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia Kita Pancasila.   


 

Tidak lebih dari 30 menit upacara berlangsung, dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Bapak. Sulistyo, SH, MHum membacakan dan menegaskan kembali semangat Hari Lahir Pancasila. Agar di setiap jiwa  memahami arti Pancasila itu sendiri.

Selesai Upacara, seluruh peserta upacara kembali pada rutinitasnya masing-masing, yang cuti dapat melanjutkan cuti bersama keluarga ataupun yang bertugas dapat kembali melaksanakan tugasnya.


Selamat Hari lahir Pancasila 2019